Cara melihat system windows versi 32bit dan 64bit

Pertama saya ingin memceritakan bahwa latar belakang pendidikan dan pekerjaan saya memang bukan di bidang komputer (IT), namun semenjak 10 tahun saya pidah bagian dari lapangan menjadi staff admin di kantor, yang sehari-harinya mengoperasikan komputer, mau tidak mau saya harus belajar lebih dalam lagi tentang komputer terutara mengenai troubleshooting baik software maupun hardware komputer, yang saya gunakan di kantor tempat saya bekerja.
Yakinlah bahwa setiap ilmu yang kita pelajari itu pasti bermanfaat, contohnya saya yang sudah paham / mengerti ilmu tersebut, dan pada suatu ketika atasan saya dikantor minta tolong, laptopnya sedang mengalami gangguan, dimana saat laptop dinyalakan hanya bisa loading tiada henti, saya lihat ternyata system operasi tidak bekerja dan laptop tidak bisa menyala seperti biasanya, maka dengan ilmu yang pernah saya pelajari dan tidak butuh waktu lama laptop berfungsi kembali, rupanya awal dari kejadian tersebut, ilmu yang saya kuasai di ceritakan ke tetangga, dan juga teman-teman beliau, Alhamdulillah hingga saat ini ilmu tersebut bisa menjadi usaha sampingan bagi saya.

Nah, kadang hal-hal sepele terkait apapun yeng berhubungan dengan software itu bisa membuat pusing bagi orang yang tidak mengerti soal komputer, contoh kecil ketika kita butuh software yang ingin di install ternyata software tersebut tidak support dengan system operasi windows pada komputer dan laptop, ada cerita teman saya yang ingin install antivirus baru di laptopnya namun selalu gagal, dalam statusnya di group WA (WhatsApp) dia mengeluh: "Diamput, nginstall antivirus kait isuk gak iso-iso", disitu kadang orang tidak memahami bahwa software itu terdiri dari 2 versi, ada versi yang khusus dibuat untuk system operasi windows 32 bit dan 64 bit, jadi jika kita ingin install software maka kita harus tahu terlebih dulu system operasi windows yang ada di komputer ataupun laptop kita.

Ada beberapa cara untuk melihat apakah system windows menggunakan system 32-bit atau 64-bit, saya ingin menjelaskan tentang cara menentukan apakah suatu komputer menjalankan sistem operasi Windows versi 32-bit atau versi 64-bit. Secara umum jumlah bit menunjukkan berapa banyak data yang dapat diproses atau kecepatan dalam memproses data dan kapasitas maksimum memori. Untuk mengoptimalkan kinerja komputer jumlah bit sistem operasi yang diinstal di komputer harus sesuai.

Berikut cara melihat system windows 32bit dan 64bit:


Windows XP, ada dua cara untuk menentukan apakah komputer menjalankan versi 32-bit atau 64-bit,

Cara pertama:

1. Klik Start Menu, kemudian klik RUN, atau tekan logo Windows + R pada keyboard Anda.
2. Ketik "sysdm.cpl" (tanpa tanda kutip), kemudian klik "OK".
3. Klik tab "General". maka system operasi ditampilkan sebagai berikut:
*** Untuk sistem operasi versi 32-bit : Ditampilkan Windows XP Professional Versi < Tahun> di bawah Sistem.
*** Untuk sistem operasi versi 64-bit : Ditampilkan Windows XP Professional x64 Edition Versi < Tahun> di bawah Sistem.

Cara kedua:

1. Klik Start Menu, kemudian klik RUN, atau tekan logo Windows + R pada keyboard Anda.
2. Ketik "winmsd.exe" (tanpa tanda kutip", kemudian klik "OK".
3. Jika Sistem Summary muncul dari panel navigasi, temukan nilai Prosesor di bawah Item di panel rincian dan perhatikan nilainya.
*** Nilai yang bersangkutan dengan Prosesor dimulai dengan x86, berarti komputer menjalankan Windows versi 32-bit.
*** Nilai yang bersangkutan dengan Prosesor dimulai dengan ia64 atau AMD64, berarti komputer menjalankan Windows versi 64-bit.

Perhatikan gambar berikut ini'

Windows 7, ada dua cara untuk menentukan apakah komputer menjalankan versi 32-bit atau 64-bit,

Cara pertama:

1. Klik Start Menu, kemudian arahkan mouse ke "Computer", kemudian klik kanan lalu pilih "Properties".
2. Jika Ringkasan Sistem muncul dari Control Panel, sistem operasi ditampilkan seperti gambar berikut:


Cara kedua:

1. Klik Start Menu, kemudian ketik "system" (tanpa tanda kutip) di kotak Pencarian, kemudian pilih "System Informasi" dalam daftar.
2. Jika Ringkasan Sistem muncul dari System Informasi, sistem operasi ditampilkan seperti gambar berikut:


Nah dengan melakukan langkah-langkah diatas maka Anda dapat melihat dan menentukan apakah komputer menggunakan system operasi windows 32-bit atau 64-bit.

0 komentar:

Posting Komentar