Bahaya Skip Challenge permainan yang bisa berujung maut

Bahaya Skip Challenge permainan yang bisa berujung maut
Mungkin anda sudah mendengar #SkipChallenge?... Ya!, karena akhir-akhir ini media sosial seperti Facebook, Instagram dan Youtube telah diramaikan beredarnya video-video permainan #SkipChallenge, tiba-tiba saja permainan #SkipChallenge menjadi viral, permainan yang sedang digandrungi para remaja tersebut ternyata sangat berbahaya. Permainan itu dilakukan dengan cara menekan dada hingga membuat seseorang kehilangan kesadaran.


Tahukah anda, ternyata di balik serunya permainan #SkipChallenge, ada bahaya yang mengancam nyawa bagi yang melakukannya.
Dokter spesialis paru-paru dan pernafasan, Prof.dr.Indiarto menegaskan bahwa, "Aksi tersebut sangat berbahaya". Kalau sempat pingsan, berarti ada penurunan kesadaran. Biasanya itu terjadi karena oksigen di otak berkurang. Penekanan dada juga bisa menimbulkan cedera tulang iga (jika tulang iga lemah), karena kekuatan tulang iga seseorang tidak sama.
Lebih jauh dokter Indiarto menjelaskan tentang bahaya permainan #SkipChallenge, "Jika dada ditekan maka akan menghentikan aliran pembuluh darah ke jantung dan paru-paru, dan juga bisa menimbulkan keretakan tulang rusuk yang bisa menusuk organ bagian dalam, seperti jantung dan paru-paru".

Sangat di sayangkan para remaja kita yang tidak tahu efek permainan #SkipChallenge, mereka mengenal permainan tersebut dari video-video yang di unggah ke media sosial, mungkin awalnya hanya coba-coba, lalu mendapatkan esensi pingsan dan kejang setelah dadanya ditekan, sebagian mengatakan setelah dadanya ditekan dan tidak sadarkan diri, mereka menganggap bisa melupakan segala beban yang ada dipikirannya, namun tidak disadari efek permainan itu sebetulnya dapat mengakibatkan kematian. Atau jika tidak meninggal efek dari permainan #SkipChallenge juga dapat mengakibatkan stroke, bagaimana tidak, penekanan dada dapat mengganggu asupan oksigen dari paru-paru ke otak, dan berpotensi menimbulkan stroke, lima menit saja otak kekurangan oksigen bisa membunuh jaringan sel. Dihimbau kepada para remaja sebaiknya meninggalkan permainan #SkipChallenge, sebelum bahaya itu menghampirinya.


#SkipChallenge sendiri sebetulnya permainan dari barat yang pernah populer sekitar tahun 1995-2008, dan kala itu sudah banyak memakan korban hingga meninggal dunia. Di Amerika Serikat, permainan ini disebut juga dengan nama #ChokingGame atau #Passoutchallenge. Tahun 1995-2007 korban permainan tersebut di negeri Paman Sam mencapai lebih dari 80 orang remaja usia antara 12-19 tahun meninggal gara-gara Skip Challenge.

Nah, berirahukan kepada sanak saudara anda agar tidak melakukan permainan #SkipChallenge, sayangi organ tubuh kita, dari pada melalukan hal-hal yang tidak jelas dan cenderung menyesatkan lebih baik olahraga yang sudah pasti memberikan efek kebugaran bagi tubuh kita.

0 komentar:

Posting Komentar